Senin, 02 Juli 2012

Sejarah Piala Euro atau Euro Cup History

                                             Sejarah Piala Euro atau Euro Cup History
Sejarah piala eropa cukup penting diketahui sebagai bahan pengetahuan kita semua. Dari sekian banyak orang yang mencintai euro  pasti ada sebagian yang belum tahu sejarah piala euro itu sendiri. Maka dari itu saya akan coba berbagi sekelumit pengetahuan mengenai sejarah euro cup. Pada mulanya piala euro adalah ide brilian dari sekretaris FFF di perancis yang bernama Henri Delalunay di tahun 1920an. Dengan cerdik henri menemukan ada semacam kelemahan tim sepakbola eropa jika dibandingkan dengan tim dari amerika latin. Tim amerika latin terlalu kuat mendominasi dan jauh lebih maju jika dibandingkan dengan eropa. Maka untuk menekan laju tim tim dari benua latin, eropa perlu memiliki event yang bisa dijadikan sarana untuk meningkatkan kualitas dimasa yang akan datang. Tetapi ide henri delaunay ditentang oleh pengurus uefa, mereka lebih memilih menciptakan pertandingan atar klub di negara eropa yang kini kita kenal dengan nama liga champions. Merasa idenya tak diperhatikan, lama kelamaan henri sakit sakitan hingga kemudian meninggal dunia. Publik sepakbola eropa pun terkejut dengan meninggalnya sosok yang cukup disegani ini. Sebagai bentuk penghormatan akan ide cemerlangnya, akhirnya uefa menyetujui impian henri. Maka ditunjuklah Perancis sebagai tuan rumah euro cup pada tahun 1960, sekaligus sebagai perhelatan piala eropa yang pertama. Pada masa itu Uni soviet keluar sebagai juara setelah mengalahkan yugoslavia dengan skor akhir 2-1. Pada piala eropa pertama ini, inggris dan italia belum berperan serta di dalamnya. Empat tahun kemudian euro cup diadakan di Spanyol, sekaligus menjadi sejarah baru bagi tim matador karena mereka mampu keluar sebagai juara setelah menumbangkan juara bertahan. Itulah sekilas tentang sejarah euro, dan di tahun 2012 ini kita juga sedang menikmati tontonan yang menjadi bagian tak terpisahkan dari kelahiran euro cup. Andai henri delaunay masih hidup mungkin hari ini beliau akan menjadi manusia yang paling berbahagia. Karena ide henri memang terbukti membawa dampak besar bagi kemajuan sepakbola di benua eropa.



Sejak saat itu, setiap 4 tahun sekali UEFA menggelar perhelatan 'Piala Dunia Mini' ini. Hingga kini sudah beberapa Negara yang telah merasakan Trophy Piala Delauney (Piala Eropa) ini. Berikut negara-negara yang pernah meraih trophy Piala Eropa hingga sekarang.
Juara: Uni Soviet (1960)
Runner-up: Yugoslavia
Tuan rumah: Perancis
Pencetak gol terbanyak: Francois Heutte (Perancis), Valentin Ivanov (Uni Soviet), Viktor Ponedelnik (Uni Soviet), Milan Galic (Yugoslavia), Drazan Jerkovic (Yugoslavia) 2 gol.

Juara: Spanyol (1964)
Runner-up: Uni Soviet
Tuan rumah: Spanyol
Pencetak gol terbanyak: Francois Heutte (PErancIS), Valentin Ivanov (Uni Soviet), Viktor Ponedelnik (Uni Soviet), Milan Galic (Yugoslavia), Drazan Jerkovic (Yugoslavia) 2 gol.
Juara: Itali (1968)
Runner-up: Yugoslavia
Tuan rumah: Itali
Pencetak gol terbanyak: Jesus Maria Pereda (Spanyol), Ferenc Bene (Hungaria), Dezso Novak (Hungaria) 2 gol.
Juara: Jerman (1972)
Runner-up: Uni Soviet
Tuan rumah: Belgia
Pencetak gol terbanyak: Gerd Muller (Germany) 4 gol.

Juara : CEKOSLOVAKIA (1976)
Runner-Up : Jerman
Tuan Rumah : Yugoslavia
Pencetak Gol terbanyak : Dieter  Müller  (Jerman) 4 gol.

Juara: Jerman (1980)
Runner-up: Belgia
Tuan rumah: Itali
Pencetak gol terbanyak: Klaus Allofs (Jerman) 3 gol.

Juara: Perancis (1984)
Runner-up: Spanyol
Tuan rumah: Perancis
Pencetak gol terbanyak: Michel Platini (Perancis) 9 gol.

Juara: Belanda (1988)
Runner-up: Uni Soviet
Tuan rumah: Jerman
Pencetak gol terbanyak: Marco van Basten (Belanda) 5 gol.

Juara: Denmark (1992)
Runner-up: Jerman
Tuan rumah: Swedia
Pencetak gol terbanyak: Henrik Larsen (Denmark), Karl-Heinz Riedle (Jerman), Dennis Bergkamp (Belanda), Tomas Brolin (Swedia) 3 gol.

Juara: Jerman (1996)
Runner-up: Republik Ceko
Tuan rumah: Inggris
Pencetak gol terbanyak: Alan Shearer (Inggris) 5 gol.

Juara: Perancis (2000)
Runner-up: Italia
Tuan rumah: Belgia & Belanda
Pencetak gol terbanyak: Patrick Kluivert (Belanda), Savo Milosevic (Yugoslavia) 5 gol.

Juara: Yunani (2004)
Runner-up: Portugal
Tuan rumah: Portugal
Pencetak gol terbanyak: Milan Baros (Republik ceska) 5 gol.

Tuan Rumah: Austria – Swiss (2008)
Juara: Spanyol
Runner-up: Jerman
Top Skor: 4 gol – David Villa (Spanyol)
Pemain Terbaik: Xavi (Spanyol).

Tuan Rumah: Polandia – Ukraina (2012)
Juara: Spanyol
Runner-up: Italia

Gol Terbanyak: Fernando Torres(Spanyol), Mario Gomez(Jerman), Alan Dzagoev(Rusia), Mario Madzukic(Kroasia), Mario Balotelli (Itali), Cristiano Ronaldo(Portugal), masing-masing menyumbangkan 3 Gol.

Top Skor: Fernando Torres(Spanyol), berdasarkan waktu main paling sedikit.
Pemain Terbaik: Sergio Ramos(Spanyol)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar